Ticker

6/recent/ticker-posts

Data Center

Data Center


Apa itu Data Center ?

Data Center Merupakan fasilitas fisik atau ruang komputer yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan mengolah data, serta menyediakan sumber daya komputasi dan penyimpanan data untuk organisasi atau perusahaan.

Tipe tipe Data Center

- CDC (Corporate Data Center)

Corporate Data Center merupakan sebuah data center yang dimiliki oleh sebuah perushaan pribadi, untuk peralatan, aplikasi, dukungan, dan pemeliharaan untuk data center biasanya didukung oleh IT departemen internal sendiri atau mitra kontrak.

- IDC (Internet Data Center)

Internet Data Center merupakan sebuah data center yang dimiliki oleh perusahaan perusahaan telekomunikasi tradisional, service provider, atau co-location provider. 

Menyediakan menu layanan kepada klien mereka seperti akses Internet, hosting Web atau aplikasi, jaringan penyimpanan, load balancing, dan layanan yang lainnya. Saat ini sebagian besar dioperasikan oleh co-location provider atau bahkan cloud provider.

Tier Data Center berdasarkan ANSI

Tier Level Requirements
1 Single non-redundant distribution path serving the IT equipment
Non-redundant capacity components
Basic site infrastructure with expected availability of 99.671%
2 Meets or exceeds all Tier 1 requirements
Redundant site infrastructure capacity components with expected availability of 99.741%
3 Meets or exceeds all Tier 2 requirements
Multiple independent distribution paths serving the IT equipment
All IT equipment must be dual-powered and fully compatible with the topology of a site's architecture Concurrently maintainable site infrastructure with expected availability of 99.982%
4 Meets or exceeds all Tier 3 requirements
All cooling equipment is independently dual-powered, including chillers and heating, ventilating and air-conditioning (HVAC) systems
Fault-tolerant site infrastructure with electrical power storage and distribution facilities with expected availability of 99.995%

Hal - hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membuat Data Center

1. Alokasi Ruangan

    Dalam pembangunan data center alokasi ruangan merupakan suatu hal yang harus dipertimbangkan pertama kali, dikarenakan alokasi ruangan akan berpengaruh terhadap skalabilitas dan perkembangan data center itu dimasa depan.

2. Kebutuhan Daya Listrik
   
    Daya listrik yang diperlukan disebuah data center tidaklah sedikit, maka dari itu kebutuhan daya listrik ini sangatlah perlu untuk diperhatikan sesuai kebutuhan dari data center itu sendiri, selain itu kita juga bisa memilih sumber dari energi listrik itu berasal apakah menggunakan penyedia pembangkit listrik seperti PLN, atau memilih dari sumber lain seperti solar panel, PLTA, PLTU, dan lain sebagainya

3. Pendingin Ruangan
    
    Sama seperti kebutuhan daya listrik, kebutuhan pendingin ruangan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan data center itu sendiri, pendingin runagan ini penting untuk menjaga suhu/temperatur ruangan agar tetap dingin, yang berguna untuk menjaga perangkat-perangkat yang ada didalam data center tidak overheat dan akhirnya rusak.

4. Managemen Kabel

    Managemen kabel harus diperhatikan didalam sebuah pembangunan data center dimulai dari pemilihan tipe kabel, jalur yang digunakan, sampai kecepatan transfer data sebuah kabel itu sendiri. Mangemen kabel ini juga berguna untuk mempermudah pada saat terjadinya troubleshooting, kabel yang rapi dan terorganisir akan memudahkan teknisi untuk menyelesaikan masalah yang ada, sebaliknya pemasangan kabel yang tidak rapi dan terorganisir akan mempersulit teknisi untuk menemukan celah masalah yang dicari. 

5. Akses Lantai

    Pada data center akses lantai yang digunakan biasanya menggunakan raised floor. Raised floor, atau lantai ditinggikan, adalah sistem lantai yang terdiri dari panel-panel yang diletakkan di atas struktur pendukung, menciptakan ruang di bawahnya. Panel-panel ini dapat diangkat untuk memberikan akses ke ruang di bawah lantai. Raised floor sering digunakan dalam lingkungan data center dan pusat komputer untuk managemen kabel, pendinginan, akses untuk pemeliharaan, fleksibilitas dan masih banyak lagi.

    

Posting Komentar

0 Komentar